Menentukan bahan yang terbaik untuk kanopi (Canopy)

Lantas, bagaimana menentukan bahan yang terbaik untuk kanopi? Dari berbagai jenis bahan kanopi tersebut, keunggulan dan kekurangannya bahan kanopi terletak pada kekuatan dan daya tahan bahan material. Bahan kanopi yang kuat seperti besi atau metal tentunya bisa bertahan lebih lama dibandingkan jenis bahan kanopi yang lain.

Sementara itu, kelemahan bahan kanopi penutup ini biasanya harus sering diganti secara berkala, terutama bila dari bahan kanopi yang lentur atau mudah rusak seperti bahan kanopi dari kain dan plastik. Saat ini terdapat beberapa keunggulan dari setiap jenis bahan kanopi. Misalnya bahan stainless steel, jenis ini lebih tahan karat, lebih elegan, dan tidak repot untuk perawatan. Namun, bahan kanopi jenis ini harganya relatif mahal. Jadi tidak heran, diperlukan pengelasan yang cukup profesional sehingga hasilnya tidak cacat. Jika ada cacat, bahan kanopi ini tidak dapat ditutup dengan menggunakan dempul ataupun sejenisnya.

Sedangkan kanopi yang terbuat dari bahan besi. Memang biayanya lebih murah. Namun untuk finishing, bahan dari besi tetap harus dicat dengan zinchromate dan cat besi agar tidak terlalu cepat diserang karat. Namun, kanopi berbahan besi mudah berkarat sehingga dibutuhkan perawatan ekstra. Sebelum mendirikan kanopi, sebaiknya harus memperhatikan beberapa aspek, antara lain kebutuhan. Kanopi biasanya dipasang untuk melindungi rumah dari perubahan cuaca, seperti arah sinar matahari langsung yang bisa merusak elemen-elemen penunjang rumah seperti pintu dan jendela dan aesoris bangunan rtumah atau gedung.